Pertandingan Persebaya vs Tira Persikabo

Persebaya Surabaya berhasil menggilas Tira Persikabo dengan skor 3-1 di babak perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (29/03).

Pertandingan berlangsung dengan tempo cukup cepat. Di babak pertama Persebaya bermain dominan namun di babak kedua Tira Persikabo bangkit dan membuat cukup banyak peluang di area pertahanan Bajul Ijo.

Persebaya mencetak gol lebih dahulu di awal babak pertama melalui gol apik Manuchekhr Dzhalilov. Sementara itu Tira Persikabo membalas melalui sundulan Osas Saha. Namun setelah itu Damian Lizio via adu penalti serta Amido Balde.

Laga ini juga diwarnai aksi kemanusiaan. Di jeda babak pertama, suporter Persebaya melemparkan ribuan boneka, untuk disumbangkan bagi anak-anak penderita kanker.

Babak Pertama

Persebaya langsung tampil menggebrak begitu babak pertama dimulai. Mereka dengan agresif mengepung pertahanan Tira Persikabo.

Hasilnya langsung terlihat pada menit kedua. Persebaya menyerang dari sisi sayap kiri melalui Amido Balde. Ia mengirim umpan silang ke tiang jauh. Dari sana bola dipantulkan lagi ke tengah lapangan.

Dzhalilov sudah menunggu di sana dan dengan tendangan gunting, ia bisa menjebol gawang lawan.
Setelah itu Tira berusaha bangkit. Namun serangan mereka kerap terputus di tengah lapangan. Jika sampai masuk kotak penalti pun, usahanya berbuah sia-sia karena kerap tak ada koordinasi antar pemain hingga peluang terbuang begitu saja.

Persebaya sendiri terus menyerang pertahanan Tira Persikabo. Mereka menyerang dari sayap kanan, sayap kiri, hingga melalui tengah pula.

Akan tetapi sampai akhir babak pertama, mereka gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang didapatkannya. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Persebaya.

Babak Kedua

Di babak kedua, situasi berubah cukup drastis. Persebaya kesulitan untuk membangun serangan ke gawang Tira Persikabo.

Di sisi lain, Tira Persikabo terus bisa melancarkan serangan ke pertahanan Persebaya. Mereka terus menekan dengan sabar, khususnya melalui sisi sayap.

Pada akhirnya gawang Persebaya jebol juga. Pada menit ke-62. Dengan tandukannya ia menjebol gawang tuan rumah, setelah mendapat umpan dari sepak pojok.

Persebaya mencoba bangkit. Setelah sempat kesulitan, mereka akhirnya bisa menekan pertahanan Tira Persikabo.

Usaha mereka membuahkan hasil pada menit-87. Penetrasi Osvaldo membuahkan pelanggaran di kotak terlarang. Wasit pun memberikan penalti, yang kemudian bisa dieksekusi dengan baik oleh Lizio.

Tertinggal, Tira Persikabo mencoba bangkit dan bermain lebih agresif. Namun usaha ini malah membuahkan petaka. Tim asuhan Rahmad Darmawan ini sukses merebut bola di lini tengah dan melancarkan serangan balik yang bisa dipungkasi oleh sepakan Balde.

Setelah gol ini, situasi memanas. Rifad dikartu merah langsung karena melakukan protes berlebihan pada wasit, terkait terjadinya proses gol Balde. Situasi tidak mendingin karena ternyata tak lama kemudian,

Manahati Lestusen kedapatan menanduk salah satu pemain Persebaya dan langsung dikartu merah wasit.
Laga kemudian berakhir. Persebaya pun unggul dengan skor 3-1. Dan meski sudah berakhir ada beberapa pemain dari pihak Tira Persikabo yang melancarkan protes pada wasit.

(Sumber: bola.net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *